Amazon Rambah Game Facebook

Amazon saat ini punya kekuatan dalam distribusi game mobile dengan Amazon App Store untuk Android. Mungkin itu sebabnya raksasa retail asal Amerika Serikat (AS) percaya diri mendirikan studio game, Amazon Game Studios dan membuat game Facebook sendiri. 

Amazon Game Studios, merilis game social pertamanya, Living Classics yang memulai debutnya di Facebook pekan ini. Mengapa Amazon tertarik membuat game social? Menurut Amazon, ini karena konsumennya sangat menyukai bermain game, termasuk game social.

“Kami yakin dapat menyajikan pengalaman gaming yang hebat, mudah diakses dan bisa dimainkan konsumen kapan saja,” ujar Amazon seperti dikutip detikINET dari Venture Beat, Selasa (7/8/2012).

Living Classics adalah permainan memindahkan objek. Pengguna akan diminta mengklik objek yang bersinar atau memindahkannya dengan berbagai cara. Dalam permainan ini ada keluarga rubah yang berubah menjadi tokoh-tokoh animasi dalam buku dongeng favorit mereka seperti Alice in Wonderland, The Wizard Oz, dan Raja Arthur. Pemain diminta untuk mempersatukan keluarga rubah ini.

Sejumlah analis menilai, langkah ini memang bisa menguntungkan, namun di sisi lain juga berisiko bagi Amazon. Menurut penilaian analis, Amazon nantinya tak lagi dipandang sebagai perusahaan netral oleh para developer game yang memasarkan game mereka di Amazon App Store.

Facebook misalnya, hingga saat ini masih dianggap platform netral bagi para developer game karena situs besutan Mark Zuckerberg ini tidak membuat game. Pemilik platform lain seperti Nintendo, Sony dan Microsoft, telah lama menjadi studio game ‘utama’ meskipun sebenarnya mereka juga menampung game yang dibuat developer pihak ketiga.



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s