Zeus Teror BlackBerry

Dibandingkan Android, BlackBerry selama ini lebih jarang disatroni malware (program jahat). Namun kini, peneliti keamanan telah mendeteksi keberadaan malware Zues yang beredar di platform besutan Research In Motion (RIM) tersebut.

Program jahat ini diberi nama Zitmo (Zeus in the mobile). Ini sejatinya bukanlah malware baru, tapi sudah beberapa tahun beredar dan biasanya wara-wiri di perangkat Android.

Selain itu, varian Zitmo awalnya sempat diwaspadai karena sering menyamar sebagai aplikasi keamanan banking dan add-ons security.

Namun kini, ancaman Zitmo semakin luas dengan menghadirkan versi baru dan menyasar BlackBerry. Perangkat yang telah terinfeksi aplikasi ini disebut sebagai ‘Zertifikat’.

Nah, ketika menjalankan aplikasi itu, akan muncul pesan dalam bahasa Jerman bahwa instalasi yang dilakukan telah sukses dan bakal muncul kode aktivasi dari aplikasi tersebut.

Dikutip detikINET dari treatpost, Zitmo beraksi seperti ‘saudaranya’, Zeus, yang didesain untuk mencuri data sensitif online banking pengguna. Versi original Zitmo beroperasi dengan menyadap SMS yang masuk dan mencurinya jika pesan itu dikirimkan dari bank.

“Seperti yang Anda ketahui, platform BlackBerry sebelumnya tidak pernah ramai diserbu oleh malware. Tapi sekarang ada empat contoh berbeda dari kehadiran Zeus in the Mobile untuk BlackBerry. Tiga file berbasis .cod dan 1 file .jar,” jelas peneliti dari Kaspersky Lab. Denis Maslennikov.



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s